Arti Kata Pedia

arti kata pedia

Hingga detik ini, arti dari  kata PEDIA belum juga terdefinisikan secara konkret. Bahkan sejak Ensiklopedia raksasa online (WIKIPEDIA) buatan Sanger menjadi populer di dunia internet sampai pedia-pedia yang lainnya bermunculan, kata yang tersusun atas 5 huruf itu belum juga memiliki arti yang cukup jelas. Tapi benarkah demikian?

Sebagian besar orang kemudian berspekulasi bahwa Pedia hanyalah sebuah  imbuhan yang merupakan suffix atau akhiran dari sebuah kata. Sebut saja Wikipedia yang merupakan proyek dari seorang Sanger yang berisi berbagai pengetahuan yang tersusun secara lengkap.

Pertanyaannya dari manakah asal kata “wikipedia” itu?

Dengan membaca gagasan Sanger, sang pencetus dan pendiri Wikipedia. Kita akan menemukan bahwa wikipedia adalah nama yang digagas Sanger dan rekan-rekannya untuk menciptakan sebuah wahana online yang berisikan kumpulan pengetahuan yang bisa ditambahkan atau dikurangi oleh siapa saja.

“Wiki” adalah  sebuah situs web yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut. Kemudian ditambahkan kata “pedia” karena situs tersebut dimaksudkan untuk menyajikan berbagai pengetahuan yang lengkap kepada pembacanya. Maka lahirlah branding fenomenal yang saat ini kita kenal sebagai WIKIPEDIA.

Berbekal pendekatan tersebut, penulis kemudian memberikan hipotesis bahwa “pedia” berarti pengetahuan yang lengkap. Tinggal pertanyaannya apakah penulis mampu membuktikan bahwa hipotesisnya benar atau keliru. Hehehe 😀

Tujuan Sanger dan rekan-rekannya membuat wikipedia tidak lain adalah untuk menciptakan ensiklopedia online sebagai sarana pembelajaran dan penambah wawasan. Sanger paham betul bahwa dalam beberapa dekade mendatang, dunia akan memasuki era digital dimana membutuhkan sebuah media online sebagai sumber pengetahuan ketimbang buku-buku tebal berdebu yang tersusun rapi di rak-rak yang tinggi.

Pertanyaan selanjutnya adalah, jika Sanger memberikan nama wikipedia berdasarkan kata ensiklopedia, kenapa dia tidak menamakannya dengan wiki-ensiklo, kenapa harus wikipedia?

Ada dua kemungkinan dari jawaban atas pertanyaan ini. Pertama, karena Sanger tahu bahwa “pedia” berarti pengetahuan. Dan kedua, karena Sanger merasa bahwa kata “wikipedia” lebih keren saja dan lebih mudah disebutkan ketimbang kata “wiki-ensiklo”.

Dalam hal ini penulis lebih mempercayai kemungkinan pertama, bahwa Sanger tahu pedia itu bermakna pengetahuan. Setuju?

Nah sebenarnya kita bisa menelusuri makna gramatikal dari kata “pedia” ini dengan mencari akar dari kata ensiklopedia.

Dan lagi-lagi, sama halnya dengan kata kata asing yang bertebaran di muka bumi ini, kata ensiklopedia lahir dari rahim YUNANI. Enkyklios Paideia, begitulah akar kata ensiklopedia. Enkyklios berarti lingkaran dan Paideia berarti Pengetahuan. Maka, Enkyklios Paideia berarti lingkaran ilmu pengetahuan.

Sampai disini akhirnya kita sudah bisa merumuskan suatu konklusi bahwa kata “PEDIA” berarti pengetahuan. Dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pengetahuan, baik pendidikan, pemahaman, pembelajaran, dan lain-lain adalah makna dari kata PEDIA.

Lalu bagaimana dengan pedia-pedia yang bermunculan pasca lahirnya wikipedia?

Ah itu tinggal kita saja yang melihat apakah konteks “pedia” yang mereka gunakan adalah untuk pengetahuan atau bukan. Jika iya, maka syukur. Jika tidak, maka “pedia” tersebut adalah pedia kloningan. #ehh

Bagaimana dengan https://www.katakatapedia.com?

Kami bukanlah apa-apa. Hanya sekedar merajut dan mengumpulkan kata kata yang terurai menjadi satu, padu, dan bermakna. Sebab katakatapedia adalah gudangnya kata kata. Sekian! 😉