3 Mutiara Kecantikan Yang Harus Dimiliki Wanita

Mutiara Kecantikan Wanita

Tulisan ini hanyalah FIkSI (Filosofi Intrik Seorang Idelialis) yang berusaha menemukan makna kecantikan wanita sembari berjuang menemukan seorang wanita yang pas diajak ke pelaminan. Hehehe

Hukum membaca tulisan ini adalah sunnah bagi seorang pria, sunnah muakkadah bagi pria yang ingin memahami wanita, dan wajib bagi wanita itu sendiri!

Wanita, bukan. Tetapi semua wanita di dunia ini dianugerahi kecantikan yang luar biasa dahsyatnya. Dengan anugerah ini, maka jangan heran wahai para lelaki jika wanita itu senang untuk tampil mempesona. Ceilah

Namun seperti apa pesona wanita yang sebenarnya?

Saya sendiri pun bingung setengah mati jika disodorkan pertanyaan semacam itu. Benarkah kecantikan adalah pesona utama bagi makhluk yang bernama wanita ini?

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Innalah jamilun yuhibbul jamal (Sesungguhnya Allah itu Maha indah dan menyukai keindahan). Artinya bahwa keindahan (kecantikan) Sang Pencipta akan terimplementasikan kedalam ciptaannya.

Dengan kata lain, unsur kecantikan telah ada sejak wanita itu pertama kali lahir dan masuk dalam ranah kehidupan dunia yang carut marut ini.

Sehingga bisa saya katakan bahwa kecantikan adalah esensi dari wanita. Yaitu sesuatu yang telah melekat dalam jiwa dan menjadi atribut yang tidak bisa dipisahkan. Kecantikan itu menjadi bagian dari setiap hidup wanita.

Perbedaan Pria dan WanitaBaca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Pria VS Wanita

Akan tetapi seperti apa bentuk esensi dari kecantikan yang seharusnya dimiliki, itulah yang akan saya coba tulis dalam ulasan kali ini, yang saya sebut dengan 3 mutiara kecantikan.

1. Faith (Keyakinan)

Mutiara Kecantikan Wanita

Esensi kecantikan yang pertama bermakna keyakinan. Keyakinan ini bukan hanya sebatas pada keyakinan akan adanya Tuhan, tetapi dalam segala hal. Bayangkan jika seorang wanita tidak memiliki keyakinan sama sekali, apa jadinya?

Jangan kan dalam urusan krusial semacam agama, bahkan untuk urusan hubungan saja bisa berantakan. Kenapa?

Karena keyakinan adalah kecantikan yang nantinya akan bermuara pada kesetiaan (faithful). Wanita yang tidak setia biasanya akan banyak menuntut, kehidupannya dipenuhi dengan berbagai macam keraguan dan ketidakoptimisan, pada akhirnya setiap hubungan yang dibangun hanya akan berakhir dengan dua kata, “Babak Belur.” Nah itu baru dalam lingkup hubungan loh, belum lagi jika dilihat dari lingkup yang lainnya, semacam karir misalnya.

Saya kira tidak semua wanita yang memiliki keinginan untuk bekerja dan menjadi ibu rumah tangga. Ya, ada banyak juga mereka yang ingin meniti karir dalam dunia pekerjaan dengan berbagai profesi yang saat ini sangat membuka peluang bagi seorang wanita tentunya.

Akan tetapi jika dalam diri anda tidak ada sama sekali keyakinan bahwa pekerjaan yang anda lakukan akan mendatangkan manfaat, apakah hal itu akan membawa dampak baik bagi kinerja anda? Tentu saja tidak.

Terkadang keyakinan juga bermakna bagaimana anda berkomitmen dan profesional dalam dunia kerja. Banyak kok diluar sana wanita yang mungkin secara sekilas terlihat tidak terlalu cantik dari segi fisik, akan tetapi mereka adalah orang-orang profesional.

Mereka adalah orang-orang yang disegani dan dikagumi, bukan karena mereka seksi tetapi karena mereka berkomitmen dengan pekerjaan yang berada dibawah tanggung jawabnya.

prinsip 90/10Baca juga: Prinsip 90/10, Rahasia Kebahagiaan Yang Sederhana

Saya kira ini adalah tamparan halus bagi wanita-wanita yang selama ini menganggap penampilan adalah segalanya.

2. Beautiful Soul (Jiwa yang anggun)

Mutiara Kecantikan Wanita

Wanita senantiasa identik dengan kelembutan. Ya terutama pembawaannya yang lemah lembut dan gemulai. Nih, bagi para lelaki, sekiranya kalian mempunyai seorang teman wanita dengan muka sangar, agak berotot, rambut setelan cepak dan bahkan nyaris cepak, apa tanggapan anda? Doi tomboy.

Lalu apa yang akan anda lakukan jika suatu hari suaranya berubah bahkan jauh melebihi nada “oktaf” om nya? Hanya satu kata saja, mending sayonara dari pada dijadiin sayembara. hehehe (Just Intermezo)

Sikap dan perbuatan yang dilakukan oleh seorang wanita adalah cerminan dari jiwanya. Jika kemudian sikapnya amburadur dan acak-acakan, sudah bisa dipastikan bahwa jiwanya bermasalah. Apakah ada lelaki yang mau menikah dengan wanita yang jiwanya bermasalah? Ada dan kemungkinannya hanya segelintir

Tetapi anda harus ingat bahwa 2/3 manusia yang tersebar diseluruh pelosok bumi ini adalah wanita. Saya bukan menakut-nakuti loh, tetapi dengan realitas semacam itu saya kira anda sebagai wanita harus memiliki nilai lebih, berupa karir misalnya, agar bisa menyeimbangi jumlah lawan jenis anda yang hanya sepertiga itu.

Tetapi karir tidaklah cukup. Hanya ada satu kelebihan yang bisa anda miliki yaitu jiwa yang anggun yang akan membuat luluh hati lelaki manapun bahkan yang lagi nulis artikel ini.

Selain itu, setiap wanita adalah calon ibu bagi anak-anaknya nanti. Jiwa yang anggun adalah atribut kecantikan yang akan menumbuhkan naluri keibuan seorang wanita, bukan naluri kebapaan!

harapanBaca juga: Jangan Jadikan Harapan Sebatas Omong Kosong

Kan repot kalo fisiknya wanita tetapi nalurinya kebapaan. Ngurusin anak gak mau, ngurusin rumah gak mau, nyuci piring apalagi, masak pun asal-asalan. Trus maunya apaan? Shopping. Hih?

3. Intelligence (Kecerdasan)

Mutiara Kecantikan Wanita

Ehem, dunia ini terlalu kejam jika anda hanya mengandalkan kecantikan fisik semata. Dipuji orang karena cantiknya wajah itu memang menyenangkan tetapi dikagumi karena prestasi itu jauh lebih membanggakan. Setuju?

Coba bayangkan jika orang memujimu karena prestasi, “selamat ya kamu lulus dengan nilai yang sangat membanggakan”, atau “selamat ya atas prestasi kerja tahun ini”, pasti akan ada perasaan bangga yang anda rasakan. Akan tetapi jika pujian yang disampaikan hanya karena “tubuhmu”, terkadang sulit untuk memaknai apakah itu pujian atau ungkapan nafsu. “Halo Dinda (nama samaran), kamu hari ini cantik banget deh, seksi lagi.”

Haduh, sekali dua kali mungkin pujian semacam itu akan membuat anda terbuai. Lama-kelamaan anda bisa saja tak sadar sudah tereksploitasi karena haus akan pujian. Anda akan merasa bahwa diri anda memang lebih berguna dengan tampilan menggoda seperti itu, padahal lebih dari itu, ada kecerdasan cemerlang yang bisa anda tampilkan.

Sebagai wanita,tidak ada yang salah jika anda ingin tampil cantik. Anda tidak dilarang untuk tampil mempesona. Justru tampil cantik dan menarik itu sangat diperlukan, karena penampilan merupakan representasi awal seseorang.

Dengan penampilan pertama yang mengesankan, seseorang memiliki peluang untuk melanjutkan ke langkah yang lebih tinggi. Tapi hanya dengan kecerdasan dan pemikiran yang jernih, karier yang melejit itu bisa kamu pertahankan.

A woman with beautiful body is good for a night, but a woman with beautiful mind is good for a lifetime

Dan kecerdasan untuk seorang wanita adalah kecantikan tambahan
– Pramoedya Ananta Toer

Saya sangat setuju, karena seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa setiap wanita telah lahir dengan atribut kecantikan yang ada dalam dirinya. Nah selain keyakinan dan jiwa yang anggun, satu hal yang akan membuat beda seorang wanita adalah kecerdasan.

Saya kira demikian 3 mutiara kecantikan yang harus dimiliki oleh wanita manapun (amrik, yurop, asia, negro, melayu, dan ras-ras lainnya).

Lalu bagaimana dengan kecantikan yang selama ini diagung-agungkan? Kecantikan mana ya? Kecantikan fisik itu lho….

Oh iya hampir lupa. Kecantikan yang saya jelaskan diatas yaitu 3 mutiara yang harus anda miliki sebagai seorang wanita adalah esensi. Sedangkan kecantikan fisik yang selama ini menjadi kebanggan kebanyakan wanita hanyalah eksistensi.

Esensi adalah fitrah sedangkan eksistensi hanyalah cara. Dengan kata lain kecantikan adalah fitrahnya semua wanita. Tetapi sangat disayangkan banyak dari mereka yang berlebihan pada eksistensi atau cara yang mereka lakukan agar bisa disebut cantik.

Semoga tulisan ini mampu menjadi bahan renungan untuk menjadikan setiap wanita itu cantik baik dari segi esensi (Keyakinan, jiwa, dan kecerdasan), maupun eksistensi (cantik secara fisik) sehingga mereka akan lebih dihargai, dihormati, disegani, dikagumi, dan tentunya dicintai.